Visitasi EKPP

Evaluasi Kinerja Pelayanan Publik

Visitasi EKPP
Visitasi EKPP
Visitasi EKPP
Visitasi EKPP
Visitasi EKPP

Sobat darat,  minggu lalu tepatnya pada tanggal 22 Juli 2024, Dinas Perhubungan Kabupaten Klaten berkesempatan untuk menerima kunjungan dari 5 (lima) anggota tim pelayanan publik Bagian Organisasi Sekretariat Daerah yang terdiri dari :

  1. Rahayu purwanti, SH, M.Si  Analis Kebijakan Ahli Muda
  2. Wa Ode Dinar Angraeni, S.Si, M.Si Analis Tata Laksana
  3. Esti Wahyuningsih, SM Analis Jabatan
  4. Daniel Krista Nugraha. SE
  5. Ceping 

Kunjungan visitasi ini menindaklanjuti Hasil Sosialiasi Aplikasi SIMETALIK (Sistem Informasi Pemetaan Pelayanan Publik) yang telah diinput oleh admin OPD dalam rangka penilaian kinerja pelayanan publik. Dinas Perhubungan sendiri memiliki 2 (dua) pelayanan publik yang menjadi wajah dari OPD yaitu pelayanan pengujian kendaraan bermotor dan pelayanan rekomendasi ANDALALIN. Selain 2 (dua) pelayanan tersebut, Dinas Perhubungan juga bertanggungjawab untuk menangani pengaduan terkait penerangan jalan umum , parkir, penertiban truk gol c serta perbaikan traffic light.

Aspek penilaian dari SIMETALIK sendiri terdiri dari 6 (enam) bagian yaitu 

  1. Aspek Kebijakan Pelayanan
  2. Aspek Profesionalisme SDM
  3. Aspek Sarana Prasarana
  4. Aspek Sistem Informasi Pelayanan Publik
  5. Aspek Konsultasi dan Pengaduan
  6. Aspek Inovasi Pelayanan Publik

Dari rekap penilaian pada SIMETALIK, Dishub mendapatkan nilai tertinggi pada aspek Kebijakan Pelayanan dengan skor 13.325 dari total skor 14. Sedangkan nilai paling rendah ada pada Aspek Konsultasi dan Pengaduan yang hanya mendapatkan skor 4.802.

Visitasi EKPP (Evaluasi Kinerja Pelayanan Publik) ini bertujuan untuk melakukan pengecekan akan data dukung yang sudah diaplod pada aplikasi dengan kenyataan di lapangan, khususnya terkait sarana prasarana pelayanan publik. Bapak Joko Suwanto, selaku sekretaris dinas perhubungan, secara langsung menyambut kedatangan tim Visitasi EKPP bersama dengan Kasubag Umpeg, Kasubag PK dan Kasie TKSA. Hasil dari visitasi EKPP, ada beberapa kekurangan terkait sarana prasarana pelayanan yang harus dipenuhi sebagai berikut :

  1. Kertas kotak saran dan bolpoin
  2. Charger hp
  3. Free wifi
  4. Petunjuk bacaan
  5. Tempat bermain anak
  6. Kursi prioritas
  7. Loket khusus
  8. Nilai SKM diperbarui
  9. Kotak P3K 3 buah
  10. Area rokok
  11. Titik kumpul dan jalur evakuasi
  12. Krek bantuan jalan
  13. Penitipan helm dan jaket

Selaku , Kasie TKSA ,yang bertanggungjawab terhadap pelayanan pengujian kendaraan bermotor, Bp. Gunawan berjanji akan melengkapi kekurangan sarana prasarana pada ruang pelayanan publik dan pengaduan sesui dengan anggaran yang tersedia tentunya setelah berkoordinasi dengan bagian Keuangan.

Nah, sobat darat, semoga saja hasil dari visitasi EKPP ini bisa meningkatkan nilai kinerja pelayanan publik dari Dinas Perhubungan. Karena tim visitasi EKPP sendiri mengungkapkan bahwa data dukung akan dibuka untuk perbaikan kembali setelah hasil nilai visitasi dikeluarkan oleh Sekretariat Daerah Kabupaten Klaten

(ace/dishubklt)

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0