Seputar Pengaduan
A. Definisi Pengaduan Masyarakat
Berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor : KEP/118/M.PAN/8/2004 tentang Pedoman Umum Penanganan Pengaduan Masyarakat bagi Instansi Pemerintah, pengaduan masyarakat adalah bentuk penerapan dari pengawasan masyarakat yang disampaikan oleh masyarakat, baik secara lisan maupun tertulis kepada Aparatur Pemerintah terkait, berupa sumbangan pikiran, saran, gagasan atau keluhan/pengaduan yang bersifat membangun.
B. Prinsip Penanganan Pengaduan Masyarakat
Prinsip penanganan pengaduan masyarakat ini merupakan nilai dasar yang wajib dipedomani oleh setiap instansi pemerintah dalam menangani pengaduan masyarakat. Adapun prinsip-prinsip tersebut adalah :
- Obyektivitas, bahwa kegiatan penanganan pengaduan masyarakat harus berdasarkan fakta atau bukti yang dapat dinilai berdasarkan kriteria tertentu yang ditetapkan;
- Koordinasi, bahwa kegiatan penanganan pengaduan masyarakat harus dilaksanakan dengan kerjasama yang baik antar pejabat yang berwenang dan terkait berdasarkan mekamisme, tata kerja dan prosedur yang berlaku, sehingga masalahnya dapat diselesaikan sebagaimana mestinya;
- Efektivitas dan efisiensi, bahwa kegiatan penanganan pengaduan masyarakat harus dilaksanakan secara tepat sasaran, hemat tenaga, waktu dan biaya;
- Akuntabilitas, bahwa proses kegiatan penanganan pengaduan masyarakat dan tindak lanjutnya harus dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat sesuai dengan ketentuan peraturan perundangundangan dan prosedur yang berlaku:
- Kerahasiaan, bahwa penanganan terhadap suatu pengaduan masyarakat dilakukan secara hati-hati dan dijaga kerahasiaannya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
- Transparan, bahwa hasil kegiatan penanganan pengaduan masyarakat diformasikan berdasarkan mekanisme dan prosedur yang jelas dan terbuka, sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
C. Skema Pengaduan Masyarakat
Agenda Bupati & Wakil Bupati
-
Rapat Koordinasi Senin
Pendopo Pemkab Klaten
Kepala Dinas Perhubungan Klaten 08.00 -
Upacara penutupan KBMKB ke XXIX Desa Ketitang
Lapangan Desa Ketitang Kecamatan Juwiring
Sekretaris Dinas Perhubungan 08.00 -
Pisah sambut kepala BPTD kelas I Jateng
Legacy Convention Hall
Kepala Dinas Perhubungan Klaten 08.30 -
Rakor persiapan Sholat Idul Adha 1446H
Ruang Rapat Kantor Kemenag Kabupaten Klaten
Kepala Bidang Lalu Lintas 10.00 -
Rakor Pelaksanaan CFD
Aula Dewi Ratih DKUKMP
Kepala Bidang Lalu Lintas 13.30
Popular Posts
-
Core Values ASN BerAKHLAK
admindishub Feb 2, 2023 10992
-
Mudik Gratis Lebaran 2025
authordishub Mar 2, 2025 4846
-
Pahlawan Kesiangan
authordishub Nov 10, 2023 4228
-
Pengumuman Pelayanan KIR 5 Hari Kerja
admindishub Jan 3, 2023 3709
-
Kumpulan SK Dinas Perhubungan
admindishub Nov 22, 2021 3683
Our Picks
-
Ekspose Pengawasan Kearsipan
authordishub Jun 5, 2024 1083
-
Bus Mudik Lebaran
authordishub Apr 4, 2024 1078
-
Pembatasan Aktivitas Angkutan Galian Gol.C
authordishub Mar 29, 2024 1249
-
Car Free Night
authordishub Feb 17, 2024 2167
-
Gerakan ANTIKORUPSI
authordishub Oct 27, 2023 1606
Categories
- Parkir Tepi Jalan Umum(26)
- Pengendalian dan Pengamanan Lalu Lintas(228)
- Traffic Light dan Marka(26)
- Giat Operasi Penertiban Kelaikan Jalan(38)
- Operasi Yustisi dan Penanganan COVID-19(16)
- Apel /Diklat/Bimtek/Rapat Koordinasi/ Monitoring Evaluasi(263)
- Uji Laik Kendaraan(8)
- Perbaikan PJU(50)
- Surat Dokumentasi dan Keputusan(3)
- Sepotong Berita dan Tulisan(101)