SOP dan Standar Pelayanan

A. SOP atau Standard Operating Procedure adalah kumpulan peraturan, pedoman, atau acuan yang dibuat suatu perusahaan untuk melaksanakan tugas pekerjaan sesuai dengan fungsi dan tanggung jawab masing-masing individu dalam perusahaan, serta menjadi salah satu alat penilaian kinerja bagi instansi pemerintah maupun non-pemerintah, usaha maupun non-usaha, berdasarkan indikator-indikator teknis, administratif, dan prosedural sesuai tata kerja, prosedur kerja, dan sistem kerja pada unit kerja yang bersangkutan

Pengertian Standar Operasional Prosedur Menurut Para Ahli

  1. Sailendra (2015:11)
    Standar Operasional Prosedur (SOP) merupakan panduan yang digunakan untuk memastikan kegiatan operasional organisasi atau perusahaan berjalan dengan lancar.
  2. Moekijat (2008)
    Standar Operasional Prosedur (SOP) adalah urutan langkah-langkah (atau pelaksanaan-pelaksanaan pekerjaan), di mana pekerjaan tersebut dilakukan, bagaimana melakukannya, bilamana melakukannya, di mana melakukannya, dan siapa yang melakukannya.
  3. Tjipto Atmoko (2011)
    Standar Operasional Prosedur (SOP) merupakan suatu pedoman atau acuan untuk melaksanakan tugas pekerjaan sesuai dengan fungsi dan alat penilaian kinerja instansi pemerintah maupun non-pemerintah, usaha maupun non-usaha, berdasarkan indikator-indikator teknis, administratif, dan prosedural sesuai tata kerja, prosedur kerja dan sistem kerja pada unit kerja yang bersangkutan.
  4. Insani (2010:1)
    SOP adalah dokumen yang berisi serangkaian instruksi tertulis yang dibakukan mengenai berbagai proses penyelenggaraan administrasi perkantoran yang berisi cara melakukan pekerjaan, waktu pelaksanaan, tempat penyelenggaraan, dan aktor yang berperan dalam kegiatan.

Manfaat Standar Operasional Prosedur (SOP)

Menurut penjelasan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (Permenpan No.PER/21/M-PAN/11/2008), manfaat SOP secara umum bagi organisasi adalah:

  1. Sebagai standarisasi cara yang dilakukan pegawai dalam menyelesaikan pekerjaan khusus, mengurangi kesalahan dan kelalaian.
  2. SOP membantu staf menjadi lebih mandiri dan tidak tergantung pada intervensi manajemen, sehingga akan mengurangi keterlibatan pimpinan dalam pelaksanaan proses sehari-hari.
  3. Meningkatkan akuntabilitas dengan mendokumentasikan tanggung jawab khusus dalam melaksanakan tugas.
  4. Menciptakan ukuran standar kinerja yang akan memberikan pegawai. cara konkret untuk memperbaiki kinerja serta membantu mengevaluasi usaha yang telah dilakukan.
  5. Menciptakan bahan-bahan training yang dapat membantu pegawai baru untuk cepat melakukan tugasnya.
  6. Menunjukkan kinerja bahwa organisasi efisien dan dikelola dengan baik.
  7. Menyediakan pedoman bagi setiap pegawai di unit pelayanan dalam melaksanakan pemberian pelayanan sehari-hari.
  8. Menghindari tumpang tindih pelaksanaan tugas pemberian pelayanan.
  9. Membantu penelusuran terhadap kesalahan-kesalahan prosedural dalam memberikan pelayanan. Menjamin proses pelayanan tetap berjalan dalam berbagai situasi.

Fungsi Standar Operasional Prosedur (SOP)

Dalam sebuah perangkat daerah ataupun perusahaan swasta, SOP punya dua manfaat utama.

1. Menjadi rujukan terbaru bagi kegiatan operasional

    Hal ini sangat penting misalnya untuk penjualan, di mana selalu ada hal baru dari pasar baik itu tren ataupun cara baru yang lebih efektif. Adanya SOP pun bisa membuat proses evaluasi lebih mudah.

    2. Arsip pelacakan kegiatan operasional, penilaian dan perbaikan

    SOP menjadi bukti tertulis karena biasanya di dalamnya termasuk formulir kerja seperti berita acara, bukti pengiriman, berita acara kunjungan dan lain sebagainya. Dengan adanya bukti tertulis seperti ini, maka pelancakan jika suatu hari ditemukan kesalahan atau kekurangan akan jadi lebih mudah.

    B. Standar Pelayanan 

    Penyelenggaraan pelayanan publik tidak bisa dilepaskan dari standar pelayanannya. Standar inilah yang kemudian menjadi tolok ukur pelayanan yang berfungsi sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan publik. Pedoman ini akan berfungsi sebagai acuan pelaksana dan pengguna pelayanan dalam memenuhi dan memperoleh hak serta kebutuhan dasarnya. Standar pelayanan juga diperlukan dalam upaya menilai efektivitas pelayanan dan mengukur kepuasan masyarakat saat mengakses pelayanan yang diselenggarakan penyelenggara. Penilaian itu, kemudian, bisa dijadikan landasan untuk memperbaiki kualitas pelayanan agar penyelenggaraannya semakin berkualitas, mudah, cepat, terjangkau dan terukur.
    Ada beberapa komponen yang terkandung dalam standar pelayanan. Aneka komponen itu termaktub dalam Bab V UU 25/2009. Seluruh komponen tersebut wajib disusun, ditetapkan dan diterapkan sehingga diketahui oleh masyarakat luas yang mengakses pelayanan. Berikut ini komponen wajib standar pelayanan yang harus ada pada unit pelayanan publik:

    1. Persyaratan
    2. Sistem mekanisme dan Prosedur
    3. Jangka waktu layanan
    4. Biaya/ Tarif
    5. Produk pelayanan
    6. Sarana , Prasarana atau fasilitas

    C. SOP dan Standar Pelayanan Perangkat Daerah

    Standar Pelayanan Publik

     SOP Tahun 2021

    No Nama SOP  Bidang Link URL
    1 SOP Lalu Lintas dan Angkutan Lalu Lintas dan Angkutan Klik Disini  
    2 SOP Sekretariat Sekretariat Klik Disini

    SOP Tahun 2022

    No Nama SOP  Sub/ Seksi/ Bagian Unit Kerja Link URL
    1 Pengelolaan Surat Masuk SubBag Umum Kepegawaian  Klik Disini
    2 Pengelolaan Surat Keluar SubBag Umum Kepegawaian  Klik Disini
    3 Pengelolaan Kearsipan SubBag Umum Kepegawaian  Klik Disini
    4 Penyusunan Analis Jabatan SubBag Umum Kepegawaian  Klik Disini
    5 Pengelolaan Barang/ Aset SubBag Umum Kepegawaian  Klik Disini
    6 Perawatan Berkala Kendaraan Dinas/Operasional SubBag Umum Kepegawaian  Klik Disini
    7 Pengelolaan Data Kenaikan Pangkat dan Golongan SubBag Umum Kepegawaian  Klik Disini
    8 Pengelolaan Data Kenaikkan Gaji Berkala (KGB) SubBag Umum Kepegawaian  Klik Disini
    9 Pengelolaan Data Pensiun SubBag Umum Kepegawaian  Klik Disini
    10 Pengelolaan Data Daftar Riwayat Hidup SubBag Umum Kepegawaian  Klik Disini
    11 Pengelolaan Data Satya Lencana Karya SubBag Umum Kepegawaian  Klik Disini
    12 Pengelolaan Data Mutasi SubBag Umum Kepegawaian  Klik Disini
    13 Survey Kepuasan Masyarakat SubBag Perencanaan dan Keuangan Klik Disini
    14 Penyusunan Rencana Strategis (RENSTRA) SubBag Perencanaan dan Keuangan Klik Disini
    15 Penyusunan Rencana Kerja (RENJA) SubBag Perencanaan dan Keuangan Klik Disini
    16 Penyusunan Rencana Kerja Anggaran (RKA) SubBag Perencanaan dan Keuangan Klik Disini
    17 Penyusunan Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP) SubBag Perencanaan dan Keuangan Klik Disini
    18 Penyusunan Indikator Kinerja Utama (IKU) SubBag Perencanaan dan Keuangan Klik Disini
    19 Penyusunan Perjanjian Kinerja (PK) SubBag Perencanaan dan Keuangan Klik Disini
    20 Pengukuran Kinerja SubBag Perencanaan dan Keuangan Klik Disini
    21 Pengumpulan Data Kinerja SubBag Perencanaan dan Keuangan Klik Disini
    22 Penyusunan RENAKSI SubBag Perencanaan dan Keuangan Klik Disini
    23 Pengumpulan Data Perjanjian Kinerja Sekretariat SubBag Perencanaan dan Keuangan Klik Disini
    24 Pengumpulan Data Perjanjian Kinerja Lalu Lintas SubBag Perencanaan dan Keuangan Klik Disini
    25 Pengumpulan Data Perjanjian Kinerja Angkutan SubBag Perencanaan dan Keuangan Klik Disini
    26 Penyusunan Laporan Keuangan SubBag Perencanaan dan Keuangan Klik Disini
    27 Penyusunan Surat Pertanggungjawaban Keuangan SubBag Perencanaan dan Keuangan Klik Disini
    28 Pengajuan SPP dan SPM UP/GU/TU/LS SubBag Perencanaan dan Keuangan Klik Disini
    29 Pengadaan dan Pemasangan Traffic Light dan PJU Sie Manajemen Rekayasa Lalu Lintas PJU Klik Disini
    30 Pengadaan dan Pemasangan Guadrail Sie Manajemen Rekayasa Lalu Lintas PJU Klik Disini
    31 Rehabilitasi dan Pemeliharaan Traffic Light dan PJU Sie Manajemen Rekayasa Lalu Lintas PJU Klik Disini
    32 Rehabilitasi dan Pemeliharaan Rambu Lalu Lintas Sie Manajemen Rekayasa Lalu Lintas PJU Klik Disini
    33 Rekomendasi ANDALALIN Sie Manajemen Rekayasa Lalu Lintas PJU Klik Disini
    34 Operasi Pengendalian Muatan Angkutan Barang/ Penertiban Gol.C Sie Pengendalian Operasional Lalu Lintas Klik Disini
    35 Pengaturan Lalu Lintas Sie Pengendalian Operasional Lalu Lintas Klik Disini
    36 Pengamanan dan Pengawalan Sie Pengendalian Operasional Lalu Lintas Klik Disini
    37 Sosialisasi Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Sie Pengendalian Operasional Lalu Lintas Klik Disini
    38 Penertiban Parkir TJU Sie Pengendalian Operasional Lalu Lintas Klik Disini
    39 Kerjasama Pengelolaan Parkir TJU Sie Pengendalian Operasional Lalu Lintas Klik Disini
    40 Pendataan Parkir TJU Sie Pengendalian Operasional Lalu Lintas Klik Disini
    41 Operasional Terminal Sie Angkutan Orang/ Barang dan Terminal Klik Disini
    42 Ijin Usaha Angkutan Barang Sie Angkutan Orang/ Barang dan Terminal Klik Disini
    43 Ijin Usaha Angkutan Orang Sie Angkutan Orang/ Barang dan Terminal Klik Disini
    44 Rekomendasi Perubahan Status Kendaraan Penumpang Sie Angkutan Orang/ Barang dan Terminal Klik Disini
    45 Rekomendasi Perubahan Status Angkutan Barang Sie Angkutan Orang/ Barang dan Terminal Klik Disini
    46 Rekomendasi Ijin Trayek Angkutan Baru Sie Angkutan Orang/ Barang dan Terminal Klik Disini
    47 Rekomendasi Ijin Trayek Angkutan Perpanjangan Sie Angkutan Orang/ Barang dan Terminal Klik Disini
    48 Operasi Laik Jalan Sie Angkutan Orang/ Barang dan Terminal Klik Disini
    49 Operasi Ijin Trayek Sie Angkutan Orang/ Barang dan Terminal Klik Disini
    50 Rekomendasi Mutasi dan Numpang Keluar Sie Teknis Keselamatan Sarana Angkutan Klik Disini
    51 Mutasi dan Numpang Masuk Sie Teknis Keselamatan Sarana Angkutan Klik Disini
    52 Rekomendasi Pendirian Bengkel dan Karoseri  Sie Teknis Keselamatan Sarana Angkutan Klik Disini
    53 Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor Sie Teknis Keselamatan Sarana Angkutan Klik Disini
    54 Pelayanan Uji Fisik Kendaraan Bermotor Sie Teknis Keselamatan Sarana Angkutan Klik Disini
    55 Rehabilitasi dan Pemeliharaan Alat Uji Sie Teknis Keselamatan Sarana Angkutan Klik Disini

    SOP Tahun 2023

    No Nama SOP  Sub/ Seksi/ Bagian Unit Kerja Link URL
    1 Pengelolaan Surat Masuk SubBag Umum Kepegawaian  Klik Disini
    2 Pengelolaan Surat Keluar SubBag Umum Kepegawaian  Klik Disini
    3 Pengelolaan Kearsipan SubBag Umum Kepegawaian  Klik Disini
    4 Penyusunan Analis Jabatan SubBag Umum Kepegawaian  Klik Disini
    5 Pengelolaan Barang/ Aset SubBag Umum Kepegawaian  Klik Disini
    6 Perawatan Berkala Kendaraan Dinas/Operasional SubBag Umum Kepegawaian  Klik Disini
    7 Pengelolaan Data Kenaikan Pangkat dan Golongan SubBag Umum Kepegawaian  Klik Disini
    8 Pengelolaan Data Kenaikkan Gaji Berkala (KGB) SubBag Umum Kepegawaian  Klik Disini
    9 Pengelolaan Data Pensiun SubBag Umum Kepegawaian  Klik Disini
    10 Pengelolaan Data Daftar Riwayat Hidup SubBag Umum Kepegawaian  Klik Disini
    11 Pengelolaan Data Satya Lencana Karya SubBag Umum Kepegawaian  Klik Disini
    12 Pengelolaan Data Mutasi Pegawai SubBag Umum Kepegawaian  Klik Disini
    13 Pengelolaan Permohonan Informasi (PPID) SubBag Umum Kepegawaian  Klik Disini
    14 Pendokumentasian Informasi Publik (PPID) SubBag Umum Kepegawaian  Klik Disini
    15 Penetapan dan Pemutakhiran DIP (PPID) SubBag Umum Kepegawaian  Klik Disini
    16 Penanganan Media Sengketa Informasi Publik  (PPID) SubBag Umum Kepegawaian  Klik Disini
    17 Pengelolaan Keberatan Atas Informasi Publik (PPID) SubBag Umum Kepegawaian  Klik Disini
    18 Pendokumentasian Informasi yang Dikecualikan (PPID) SubBag Umum Kepegawaian  Klik Disini
    19 Pelayanan Pengaduan Langsung SubBag Umum Kepegawaian  Klik Disini
    20 Pelayanan Pengaduan Tidak Langsung SubBag Umum Kepegawaian  Klik Disini
    21 Pelayanan Informasi SubBag Umum Kepegawaian  Klik Disini
    22 Pelayanan Konsultasi SubBag Umum Kepegawaian  Klik Disini
    23 Pengelolaan Website SubBag Umum Kepegawaian  Klik Disini
    24 Pengelolaan Media Sosial SubBag Umum Kepegawaian  Klik Disini
    25 Survey Kepuasan Masyarakat SubBag Perencanaan dan Keuangan Klik Disini
    26 Penyusunan Rencana Strategis (RENSTRA) SubBag Perencanaan dan Keuangan Klik Disini
    27 Penyusunan Rencana Kerja (RENJA) SubBag Perencanaan dan Keuangan Klik Disini
    28 Penyusunan Rencana Kerja Anggaran (RKA) SubBag Perencanaan dan Keuangan Klik Disini
    29 Penyusunan Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP) SubBag Perencanaan dan Keuangan Klik Disini
    30 Penyusunan Indikator Kinerja Utama (IKU) SubBag Perencanaan dan Keuangan Klik Disini
    31 Penyusunan Perjanjian Kinerja (PK) SubBag Perencanaan dan Keuangan Klik Disini
    32 Pengukuran Kinerja SubBag Perencanaan dan Keuangan Klik Disini
    33 Pengumpulan Data Kinerja SubBag Perencanaan dan Keuangan Klik Disini
    34 Penyusunan RENAKSI SubBag Perencanaan dan Keuangan Klik Disini
    35 Pengumpulan Data Perjanjian Kinerja Sekretariat SubBag Perencanaan dan Keuangan Klik Disini
    36 Pengumpulan Data Perjanjian Kinerja Lalu Lintas SubBag Perencanaan dan Keuangan Klik Disini
    37 Pengumpulan Data Perjanjian Kinerja Angkutan SubBag Perencanaan dan Keuangan Klik Disini
    38 Pengelolaan Keuangan SubBag Perencanaan dan Keuangan Klik Disini
    39 Pencairan Anggaran LS Pengadaan SubBag Perencanaan dan Keuangan Klik Disini
    40 Pencairan Anggaran LS Honorarium SubBag Perencanaan dan Keuangan Klik Disini
    41 Pencairan Anggaran GU SubBag Perencanaan dan Keuangan Klik Disini
    42 Pengelolaan Pajak SubBag Perencanaan dan Keuangan Klik Disini
    43 Pencairan Uang Makan SubBag Perencanaan dan Keuangan Klik Disini
    44 Pencairan Tunjangan Penghasilan Pegawai SubBag Perencanaan dan Keuangan Klik Disini
    45 Pengelolaan SIMDA Keuangan SubBag Perencanaan dan Keuangan Klik Disini
    46 Pendistribusian Honorarium dan Perjalanan Dinas SubBag Perencanaan dan Keuangan Klik Disini
    47 Pengarsipan Dokumen Pencairan dan Pelaporan SubBag Perencanaan dan Keuangan Klik Disini
    48 Penyusunan Laporan Keuangan SubBag Perencanaan dan Keuangan Klik Disini
    49 Penyusunan Surat Pertanggungjawaban Keuangan SubBag Perencanaan dan Keuangan Klik Disini
    50 Pengadaan dan Pemasangan Traffic Light dan PJU Sie Manajemen Rekayasa Lalu Lintas PJU Klik Disini
    51 Pengadaan dan Pemasangan Guadrail Sie Manajemen Rekayasa Lalu Lintas PJU Klik Disini
    52 Rehabilitasi dan Pemeliharaan Traffic Light dan PJU Sie Manajemen Rekayasa Lalu Lintas PJU Klik Disini
    53 Rehabilitasi dan Pemeliharaan Rambu Lalu Lintas Sie Manajemen Rekayasa Lalu Lintas PJU Klik Disini
    54 Rekomendasi ANDALALIN Sie Manajemen Rekayasa Lalu Lintas PJU Klik Disini
    55 Operasi Pengendalian Muatan Angkutan Barang/ Penertiban Gol.C Sie Pengendalian Operasional Lalu Lintas Klik Disini
    56 Pengaturan Lalu Lintas Sie Pengendalian Operasional Lalu Lintas Klik Disini
    57 Pengamanan dan Pengawalan Sie Pengendalian Operasional Lalu Lintas Klik Disini
    58 Sosialisasi Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Sie Pengendalian Operasional Lalu Lintas Klik Disini
    59 Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan LLAJ Sie Pengendalian Operasional Lalu Lintas Klik Disini
    60 Penertiban Parkir TJU Sie Pengendalian Operasional Lalu Lintas Klik Disini
    61 Kerjasama Pengelolaan Parkir TJU Sie Pengendalian Operasional Lalu Lintas Klik Disini
    62 Pendataan Parkir TJU Sie Pengendalian Operasional Lalu Lintas Klik Disini
    63 Penertiban Parkir TJU Sie Pengendalian Operasional Lalu Lintas Klik Disini
    64 Operasional Terminal Sie Angkutan Orang/ Barang dan Terminal Klik Disini
    65 Ijin Usaha Angkutan Barang Sie Angkutan Orang/ Barang dan Terminal Klik Disini
    66 Ijin Usaha Angkutan Orang Sie Angkutan Orang/ Barang dan Terminal Klik Disini
    67 Rekomendasi Perubahan Status Kendaraan Penumpang Sie Angkutan Orang/ Barang dan Terminal Klik Disini
    68 Rekomendasi Perubahan Status Angkutan Barang Sie Angkutan Orang/ Barang dan Terminal Klik Disini
    69 Rekomendasi Ijin Trayek Angkutan Baru Sie Angkutan Orang/ Barang dan Terminal Klik Disini
    70 Rekomendasi Ijin Trayek Angkutan Perpanjangan Sie Angkutan Orang/ Barang dan Terminal Klik Disini
    71 Operasi Ijin Trayek Sie Angkutan Orang/ Barang dan Terminal Klik Disini
    72 Pemilihan Awak Kendaraan Umum Teladan Sie Angkutan Orang/ Barang dan Terminal Klik Disini
    73 Operasi Laik Jalan Sie Teknis Keselamatan Sarana Angkutan Klik Disini
    74 Rekomendasi Mutasi dan Numpang Keluar Sie Teknis Keselamatan Sarana Angkutan Klik Disini
    75 Mutasi dan Numpang Masuk Sie Teknis Keselamatan Sarana Angkutan Klik Disini
    76 Rekomendasi Pendirian Bengkel dan Karoseri  Sie Teknis Keselamatan Sarana Angkutan Klik Disini
    77 Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor Sie Teknis Keselamatan Sarana Angkutan Klik Disini
    78 Pelayanan Uji Fisik Kendaraan Bermotor Sie Teknis Keselamatan Sarana Angkutan Klik Disini
    79 Rehabilitasi dan Pemeliharaan Alat Uji Sie Teknis Keselamatan Sarana Angkutan Klik Disini